Power Amplifier Output Suara Pelan


POWER AMPLIFIER BOSCH OUTPUT SUARA TROUBLE

Diagnosa

Power amplifier merk BOSCH jika saya coba hidupkan , semua lampu indikator tampak normal… tapi setelah kita berikan input audio hasil suara di speaker sangat pelan walaupun gain master saya besarkan.

Model Power Amplifier BOSCH :

model-amplifier-bosch

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki .

Sebelum saya lakukan pemeriksaan kiranya ada dibagian mana komponen yang mengalami kerusakan,, sedikit informasi ” Power amplifier BOSCH ini secara sistem kerja sama dengan power amplifier TOA , untuk kanal output menggunakan trafo OT dan penggunaan transistor final dalam beberapa set. Perbedaan yang ada hanya di area inputnya saja, Untuk memulai investigasi ,, awal saya mulai dengan memeriksa area feedback karena dari gejala yang timbul seperti ada komponen yang shot ( konsleting ) setelah melewati output trafo OT.

Tampilan trafo OT-nya :

trafo-ot-amplifier-bosch

Untuk mempercepat saya lakukan pengukuran tepat di area jack output untuk koneksi ke speaker ,,, disini ada soket untuk sistem feedback dan ada 2 kabel yang terhubung kebagian ini yaitu warna putih sama biru. Saya gunakan multitester dengan fungsi ohm meter dengan batas ukur x10 ohm dan didapatkan hasil adanya hambatan dititik ini. Jika kita lepasakan soket yang ada kabel biru sama putih nilai hambatan menghilang dari hasil pengukuran, jadi semakin jelas sudah kiranya ada dibagian mana komponen yang mengalami kerusakan, dan ternyata kerusakan ada di capasitor 3,3nf/63volt.

Posisinya :

bosch-feedback-area

Saya lepaskan capasitor yang rusak dan saya gantikan, setelahnya saya hidupkan amplifiernya? hasilnya Alhamdulillah amplifier BOSCH sudah kembali normal



sumber:
www.hamimservis.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Spul Speaker

Cara Memperbaiki Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)

Cara Mengatasi Dengung Pada Amplifier