Cara Memperbaiki PS2


1. PS2 Merk Sony SCPH 30000 Konslet
Sebenarnya saya masih awam dalam memperbaiki sebuah PS (PlayStation) dan sama sekali belum pernah membongkar sebuah playstation. Kebetulan saat itu ada tetangga yang meminta untuk membongkar sebuah playstation milik anaknya yang rusak. Sudah saya bilang saya belum pernah membongkar sebuah playstation. Namun karena dipaksa untuk mencoba memperbaikinya, dalam tuturnya tetangga saya berbicara " Dicoba dulu aja siapa tau bisa, sekalian buat belajar mas ". Akhirnya saya beranikan diri untuk mencoba memperbaikinya. Oh iya untuk typenya adalah Sony SCPH 30000.

Kasusnya adalah saat pertama dinyalakan kondisi listrik konslet (hubung pendek) yang mengakibatkan mcb meteran turun. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengechek power supplynya (AC Matic) terlebih dahulu. Saya lepas blok power supply dari boxnya dan penampakanya adalah sebagai berikut ini :
Regulator PS2

Untuk gambar diatas transistor mosfet saya lepas typenya 2SK2543, perkiraan saya awalnya adalah ini penyebabnya. Karena jika diukur dengan skala x1K maupun x10K terlihat short namun setelah saya lakukan pengechekan dengan multimeter dengan skala x1ohm ternyata kondisinya masih bagus.

Lanjut ke pemeriksaanya berikutnya adalah elco terbesar yaitu berukuran 470uF / 250V, terlihat dari atas memang kelihatan bagus namun jika dari samping agak terlihat bekas terbakar karena plastik pembungkus elko ini terlihat pecah dan sedikit berair. Tidak pikir panjang saya menggantinya dengan ukuran voltase yang lebih besar agar aman, yaitu 470uF/400V. Berikutnya adalah memasang kembali transistor dan mencobanya. Dan hasilnya adalah listrik masih konslet. hehe... :D

Akhirnya lanjut ke pemeriksaan dioda zener dan  ternyata zener juga masih bagus. Sambil garuk garuk kepala dan  sempat agak frustasi resistor SMD yang disusun seri ukurannya adalah 680K sebanyak 6 buah dan 3 buah resistor 560K yang disusun seri saya lepas dan apa hasilnya? Hasilnya tetep aja nihil.

Iseng-iseng mengganti capasitor tantalum berukuran 330pf / 1KV (dalam body tertulis 331K/1KV), ternyata membuahkan hasil. Setelah penggantian capasitor ini listrik tidak mengalami hubung singkat dan outputnya keluar stabil sebesar 11,5 Volt. Akhirnya misi terpecahkan dan saya tersenyum kecil.

kerusakan regulator playstation
Mungkin bagi teknisi yang sudah lama berkecimpung dalam hal perbaikan PS hal ini adalah biasa, namun bagi saya ini adalah kepuasan tersendiri karena telah menemukan kerusakan yang tanpa saya sadari sebelumnya.

Setelah regulator bekerja dengan normal akhirnya saya putuskan untuk mencobanya, sambil berdoa mudah-mudahan penyakitnya tidak menjalar ke mesin PS yang lain. Dan ternyata doa saya terkabul mesin PS berjalan normal dan lampu indikator menyala dengan baik.

Memperbaiki playstation 2




Karena tempat saya tidak mempunyai stik dan memory PlayStation. Saya langsung mendatangi si empu yang punya PlayStation untuk mencobanya. PlayStation berjalan baik dan anaknya pun senang.

Sekian dulu sedikit sharing informasi tentang playstation. Semoga dapat membantu para teknisi pemula seperti saya yang ingin mempelajari sedikit tentang kerusakan tentang playstation.



2. Cara Memperbaiki PS 2 Blank
Sebelum anda mulai membongkar atau melakukan perbaikan yang serius pada console playstation 2 yang blank, sebaiknya anda perhatikan dulu tips2 dari saya berikut ini:

Pastikan anda sudah cek dengan benar bahwa lampu reset memang nyata dalam keadaan hidup (menyala merah)?

Persoalan kerusakan ps2 yang blank kadang hanya disebabkan karena persoalan yang sepele, yaitu pernah saya dapat pasien service ps2 yang blank, setelah saya cek ternyata persoalan hanya pada kabel AV yang bermasalah (tidak connect).

Jadi supaya lebih jelas lagi pastikan kalau kabel AV dalam keadaan baik, dan cek lampu reset, apakah memang bisa menyala merah?

Sebelum membongkar console, sebaiknya coba anda cek dan nyalakan console playstation 2 anda dulu, selanjutnya lihat reaksi tampilan pada layar televisi!!

Setelah anda tahu dan bisa memastikan jenis kerusakannya, nah selanjutnya baru ambil tindakan untuk mengatasinya.

Kerusakan ps2 yang blank / blank screen (tidak ada gambar) baik itu ps2 slim maupun fat, bisa diuraikan seperti dibawah ini:

*PS2 blank gambar tidak ada, tapi suara ada*

*PS2 blank gambar dan suara tidak ada*

PS2 yang blank (tidak ada gambar)

Blank pada console playstation 2 biasanya terjadi setelah logo matrix atau sebelum logo matrik, dan kerusakan blank pada ps2 biasanya seperti ini;

*PS2 blank merah*

*PS2 blank biru*

*PS2 blank hitam*

Kasus kerusakan blank merah setelah logo matrix biasanya tampilan game tidak keluar atau hanya keluar tampilan warna merah saja (blank), dan seharusnya setelah logo matrix muncul tampilan gambar splash HDloader.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini, coba anda ganti dulu hdd pada ps2, dengan hdd yang terbukti masih normal?

Coba nyalakan console dan lihat hasilnya!!

Jika cara ini belum berhasil, berarti kerusakan ada pada mesinnya.

Dan untuk lebih jelasnya lagi tentang cara service atau cara memperbaiki ps2 yang blank, anda bisa memperoleh informasi lebih detail tentang cara memperbaikinya di Panduan Service Playstation 2

Nb. Bagi yang punya problem semua jenis kerusakan ps2, silahkan tuliskan problem anda dikotak komentar.

Demikian tutorial singkat cara memperbaiki ps2 yang blank dari saya, dan semoga ada manfaatnya.


3. Cara Memperbaiki PS2 Layar Merah Setelah MATRIX
Kali ini kita akan membahas gimana cara mengatasi ps2 ngebleng layar merah atau hitam setelah logo matrix?, penyebabnya bisa bervariasi, kita pastikan penyebabnya dulu pertama kita cek mesinya caranya gunakan hardisk dan NA yang waras/ok bisa di oper2 bagi yang punya ps2 lebih dari satu, setelah di nyatakan ketiganya ok yaitu mesinya, hardisknya & NA nya OK, Baru kita ambil langkah berikut, sudah pasti file BOOT .ELF nya hilang/rusaknya file BOOTING/BOOT elf yg berada di dalam HDD PS2, itu di sebabkan karena kerusakan pada stik ps2(rusak/eror)stik harus di perbaiki terlebih dahulu, jika BOOT. ELF  yang berada di dalam hardisk rusak cara menanggulangi nya adalah sebagai berikut, seken repair/perbaikan, menggunakan aplikasi yg biasa kita buat install game/WINHIIP, bagi yg tidak punya pc/computer bisa lewat jasa warnet, bagi yg belum punya aplikasinya silahkan download software untuk install game pada ps2 HDD. Ini merupakan sebuah tips pengiritan terutama bagi yg  mempunyai rental ps2 karena jika masalah seperti itu anda bawa ke toko playstation akan memakan biaya yang mahal apa lagi yg teknisi nya curang pasti yg di katakan macem2 harus bersihkan hdd lah harus instal ulang lah dlsb, pada hal sangatlah mudah dan bisa di lakukan setiap orang, metode sken repair ini fungsinya untuk mengembalikan file boot yg rusak, karena itu ps2 hdd tidak bisa menampilkan judul game karena tidak bisa booting, di samping itu juga berfungsi memper baiki game yg macet, lalu lakukan penyimpanan. Cara yg kedua jika file BOOT.ELF nya hilang HARUS di lakukan install ulang BOOT .ELF, Untuk persiapan download BOOT.ELF ps2 HDloader:KLIK DI SINI.Cara install BOOT.ELF ke hdd ps2/playstation2 hardisk: Sebagai berikut. Exstrax file yang berada di dalam rar tersebut yang anda download tadi kedalam flasdisc  dan lain sebagainya beserta voldernya,  Tancapkan MMCBOOTING di ps2 hd pada slot satu, Bagi yang belum punya mmc booting bisa:KLIK DI SINI CARA MEMBUAT MMC BOOTING Nyalakan ps2 tekan R1 secara cepat setelah logo matrix jika terlanjur ke menu browser di ulang lagi, setelah masuk ke menu BOOTING Tancapkan flasdisk di slot 1. Tekan bulat pada pada o:Filebrowser tekan bulat pada mass (disini yang di maksud mass adalah flasdisc) cari volder yang anda download tadi di dalamnya berisi 6 fil yang terdiri dari:
.1.BOOT.ELF
.2.DEV21.ELF
.3.DUMY
.4.DUMY2
.5.TEXS DOKUMEN
.6.SYSTEM
Anda jalankan/tekan bulat pada DEV21 maka di layar tv akan keluar tulisan loading boot.elf from maas lalu tulisan berikutnya press x to install boot.elf to hdd, maksudnya anda di suruh menekan x jika ingin menginstall boot.elf ke dalam hdd, Tunggu sebentar maka ps2 akan otomatis mati sendiri, jika lampu ps2 sudah merah berati selesai installnya nyalakan ps2 selesai. Dan jika HARDISKNYA OK NA NYA OK BOOT.ELFNYA PUN OK Tapi masih teteb layar merah/Hitam setelah logo matrix Bisa di sebabkan komponen yg berada pada mainboard ps2. ITU BAGIAN SAYA




sumber:
www.eyuana.com
dutaplaystation.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Spul Speaker

Cara Memperbaiki Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)

Cara Mengatasi Dengung Pada Amplifier