Cara Memperbaiki Stik PS 2


1. Cara Memperbaiki Stik PS 2
Untuk mengetes fungsi stik normal atau tidaknya kita bisaa menggunakan ps one,mainkan cd game teken3. Lalu pilih controller pada menu gamenya.disitu akan muncul gambar stik,dimana bila kita tekan tombol pada stik controllernya ,maka tombol pada gambar akan menyala.misal kita tekan tombol R1,maka R1 yang akan menyala,demikian juga dengan tombol lainnya

Untuk mengetes getarnya kita pilih vibration.
Dengan demikian bisa diketahui bagian mana stik yang tidak berfungsi,umpamanya kita menekan tombol R1, ternyata ga menyala berarti tombol R1 yang ga berfungsi.
Cara kedua adalah dengan menggunakan dvd game WE 10,pilih menu training.mainkan terus kita replay.cek satu persatu tombol,cara inilah yang biasa saya pakai soalnya kagak punya psone he..he..
cara memperbaiki kerusakan:

salah satu tombol ga berfungsi: buka stik dengan obeng sesuai ukuran,bersihkan PCB, cek rubber/karet, bila perlu diganti. Bila sudah diganti tetap tidak bisa cek jalur yang menghubungkan.

jalan sendiri: biasanya kerusakan pada analognya,cek bersihkan dan diganti bila perlu
buat main we10 drible sendiri,biasanya kerusakan pada analog sebelah kanan
Tidak fungsi sama sekali atau mati total:langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek kabel satu persatu dengan tester. Pertama pilih tester pada posisi ON, cek kabel satu persatu bila jarum tester menunjuk angka nol berarti kabel hubung. Apabila jarum tak bergerak berarti kabel putus

Kerusakan yang bisa dilihat dengan mata :
Karet PAD ( robek karena menerima tekanan yang kuat dan berulang-ulang, maka harus diganti dengan yang baru).
Karet Pad masih bagus, tapi kurang respon ( tandanya pada bagian yang mengandung karbon mengkilap, bisa dibersihkan dengan sebuah tisu yang di tetesi alkohol 70% di lapkan pada permukaan karbonnya sampai tidak mengkilap lagi).
Jalur pada mika PCB yang terbakar (tandanya hitam pada bagian jalur pcb yang berlapis perak nitrat). Mika PCB pada stik PS2 keluaran sekarang sangatlah jelek selain harganya mahal juga lapisan conektornya sangat tipis terlipat sedikit saja sudah putus, jauh bila dibandingkan dengan mika PCB yang ada pada keyboard, sudah keyboardnya murah lapisan konektornya lebar-lebar dan tebal. Mika PCB barang kedua yang sering rusak setelah karet PAD. Untuk kerusakan semacam ini bisa diperbaiki dengan menyambung bagian yang terbakar dengan karbon cair, tetapi yang lebih baik diganti dengan yang baru.
Control Analog ( holdernya patah atau variable resistor, karbonya sudah habis terkikis). Untuk kerusakan pada VR ( variable resistor) bisa diganti dengan yang baru tanpa mencopot control analog semuanya dari PCB, cukup copot saja yang rusak gantikan dengan yang baru. Bila kerusakan pada fleksiblenya gerakan analog, bisa diperbaiki dengan membongkar control analog kemudian pegas yang sudah kendor di kencangkan kembali dengan cara menariknya sedikit supaya agak renggang dari sebelumnya. Bila kamu tidak mau pusing-pusing ganti saja control analog semuanya dengan yang baru.
Kabel stik ada yang putus, kabel stik PS2 terdiri dari 1 kabel besar yang dalamnya terdiri dari 9 kabel kecil dan satu bagian kabel serabut. Karena itulah mudah putus bila terlipat, tertekan benda berat dan padat, atau karena kable digulung sehingga kable menerima gaya tarik dan putus. Tanda-tandanya bila sedang memainkan game tiba-tiba Stik PS2 tidak terbaca dan bila menggerak-gerakan kabel nyambung lagi, Untuk memastikan putus tidaknya harus diukur dengan Avo meter. Bila sudah pasti rusaknya, ganti dengan yang baru.
Kerusakan pada IC ( hal ini jarang terjadi pada stik yang memakai IC berkaki laba-laba). Tetapi yang namanya barang dipakai suatu saat ada rusaknya. Tanda-tandanya stik PS2 tidak bisa digunakan lagi tidak merespon bila tombol-tombolnya ditekan walaupun mika PCB nya bagus. Kerusakan semacam ini tidak bisa diperbaiki dan kamu harus beli stik baru.
Kerusakan pada IC, dikarenakan stik PS2 sudah cukup tua, jenuh bekerja, digunakan tiap hari, terutama bagi yang punya usaha rental PS2, sering diperbaiki. Tanda- tandanya semua komponen normal dari kabel, mika PCB dan arus yang masuk. Kerusakan seperti ini akan kelihatan jelas bila kamu menggunakan Game Mortal Kombat Armagedon pada menu Kombat – Training, Semua tombol secara acak tertekan otomatis padahal kamu tidak melakukan penekanan pada tombol apa pun
Sebagai tester bisa digunakan Game PS2 Tekken Mortal Kombat Armagedon, dan Winning Eleven (atau Game Bola >> menu training.) mudah bukan.?
Cek stik PS2 lewat komputer

Untuk memeriksa stik controller PS2 yang rusak, salah satunya melalui perangkat komputer. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan bila dibanding dengan mengetes stik langsung melalui game yang dimainkan di consol PS2. Kelebihan tes stik lewat PC adalah semua fungsi tombol dapat diketahui bagus dan tidaknya. Namun juga ada kekurangannya (setidaknya menurut saya pribadi), terutama pada tombol analog. Kekurangannya adalah pada analog yang mungkin lewat PC nampak normal-normal saja namun begitu dipakai pada consol PS2 misalnya untuk main GTA baru kelihatan kerusakannya.
Perlengkapan yang diperlukan :
1. PC setidaknya Windows XP sp2, kalo sp1 maka perlu diinstal lagi game controller driver.
2. Converter PS2 stik ke USB
3. Stik controller PS2 yang akan dites.
4. Software Controller setting dari game winning eleven.

Untuk melakukan kalibrasi stik controller, gunakan stik controller yang normal, cara calibrasi yaitu:
pertama, tancapkan usb stik converter ke PC dan tunggu komputer mendeteksinya
kedua, tancapkan stik PS2 ke usb stik converter
ketiga, masuk ke “control panel” lalu klik “game controller” maka usb stik converter tadi sudah terdeteksi sebagai USB Gamepad















keempat, klik “properties” maka akan masuk ke jendela baru USB gamepad properties selanjutnya klik menu “setting” lalu klik “calibrate…” sehingga masuk jendela game device calibration “find center point”, biarkan posisi analog tetap di tengah lalu tekan sembarang tombol pada stik PS2. (sebagai catatan jangan lupa tombol analog stik PS2 pada posisi on yang ditandai dengan lampu led menyala)





 







kelima, selanjutnya masuk menu “axis calibration”, putar analog yang kiri satu putaran penuh (lebih satu putaran tidak masalah) lalu lepas sehingga posisi analog di tengah lalu tekan sebarang tombol pada stik.













Keenam, selanjutnya masuk menu “verify center point” biarkan posisi analog di tengah lalu tekan sebarang tombol pada stik PS2.
Ketujuh, selanjutnya masuk menu “axis calibration” yaitu untuk analog kanan. Gerakkan analog kanan ke atas dan ke bawah lalu tekan sebarang tombol pada stik. Lalu gerakkan analog kanan ke kiri dan ke kanan lalu tekan sebarang tombol.











Selesai sudah tahap calibrasi lalu akhiri dengan klik “finish” untuk menyimpan.













Untuk memeriksa stik, selanjutnya jalankan software setting controller. Tampilan pada menu “controller” seperti gambar berikut,



 





Pengaturan selanjutnya dapat dicoba sendiri sehingga tombol-tombol pada stik PS2 dapat sesuai dengan tampilan gambar. Sebagai contoh tombol segitiga (pada stik PS2) sedangkan pada tampilan komputer tombol Y, klik pada gambar tombol Y sehingga kita lalu diminta untuk menekan tombol yang dimaksud maka kita tekan tombol segitiga pada stik.
Nah Sekarang tentang Panduan Servis Stik

Bahan Alat Servis pendukung :
AVO meter..
Obeng kecil + n -
Solder
Timah
Karbon (bisa beli di toko sperpart PS2)
Minyak Goreng atau pelumas lainnya ( untuk melumasi analog.)
Cottonbud (pembersih telinga)
Lampu Penerangan
Cara memperbaiki kerusakan Stik:
salah satu tombol ga berfungsi: buka stik dengan obeng sesuai ukuran,bersihkan PCB,cek rubber/karet,bila perlu diganti.bila sudah diganti tetep ga bisa cek jalur yang menghubungkan.
jalan sendiri: biasanya kerusakan pada analognya,cek bersihkan dan diganti bila perlu
buat main we10 drible sendiri, biasanya kerusakan pada analog sebelah kanan
tidak fungsi sama sekali atau mati total: langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek kabel satu persatu dengan tester.pertama pilih tester pada posisi oh,cek kabel satu persatu bila jarum tester menunjuk angka nol berarti kabel hubung.apabila jarum tak bergerak berarti kabel putus.
Untuk menyambung kabel yang putus langkah pertama adalah memotong kabel stik dari pangkal kurang lebih 10cm.seperti dalam gambar :









Setelah kita potong kita cek lagi kabelnya, masih ada yang putus ga.kalo tetep kita potong lagi atau ganti kabel yang baru.klo sudah oke kita pasangkan kembali ke papan PCB stiknya.untuk menyambung kabel kepapan kita harus memperhatikan urutan warna kabelnya.sebaiknya kita catat dulu sebelum melepas kabel.
setelah selesai disambung kita tes hasilnya.beres kan
selesai




2. Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Mati Total
Bila Anda memiliki PS2 dan sering memainkannya maka bagian yang sering rusak adalah stik PS2. Salah satu penyebabnya mungkin karena saat memainkannya terlalu semangat sehingga jarang menggunakan perasaan dalam mengoperasikan stik PS2 tsb. Bila Anda memiliki stik PS2 yang rusak / mati total maka ada 2 cara untuk mengatasinya yaitu memperbaiki stik PS2 atau menggantinya dengan yang baru.

Namun bila Anda memilih cara pertama yaitu memperbaiki stik PS2 karena keterbatasan dana atau ingin mengasah keahlian Anda maka ada yang harus diperhatikan sebelum Anda memperbaikinya, yaitu Anda harus mengetahui jenis stik PS2 yang Anda gunakan karena ada perbedaan karakterikstik dan konfigurasinya yang menyebabkan cara memperbaiki stik PS2 itu pun agak berbeda.

Stik PS2 yang mati total ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator LED pada stik sehingga tidak dapat berfungsi sama sekali. Penyebab kerusakan ini biasanya karena tidak tersuplainya tegangan stik PS2 oleh console, dengan demikian kita perlu memeriksa hubungan antara console dan kabel dari stik untuk memperbaiki stik PS2 tsb.


href="http://www.hoo-tronik.com/2015/07/memperbaiki-stik-ps2-mati-total.html" target="_blank">Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Yang Mati Total

  1. Buka bagian belakang casing stik PS2.
  2. Lakukan pemeriksaan kabel stik dengan AVO meter dengan cara memutar posisi multimeter ke skala ohm meter (atau buffer bila ada) lalu hubungkan salah satu probe multimeter dengan ujung jack kabel stik dan probe lainnya ke ujung kabel yang disolder pada PCB. Lakukan pemeriksaan pada semua kabel stik. Bila jarum tidak bergerak berarti ada yang putus. 
  3. Bila Anda sudah menemukan kabel mana yang putus, potong kabel tsb dari PCB. 
  4. Kupas kabel tsb kira-kira 10 cm, lalu coba tarik kabel putus tsb. Kabel putus biasanya akan mudah ditarik. 
  5. Potong ujung kabel putus tadi lalu cek ulang dengan AVO meter seperti tadi. Bila jarum bergerak berarti kabel yang terhubung dengan stik masih baik. Namun bila tidak bergerak, berarti masih ada bagian yang putus, ulangi langkah 4-5 kembali. 
  6. Bila kabel terlalu pendek, maka Anda dapat mengganti kabel tsb. 
  7. Hubungkan kembali kabel tsb pada PCB dengan menyoldernya.


Itulah cara mudah memperbaiki stik PS2 yang mati total karena putusnya kabel antara stik dan console. Jangan lupa lakukan pemeriksaan apakah stik PS2 tsb sekarang sudah berfungsi normal. Namun saya yakin bila Anda memiliki PS2 rusak karena lampu LED nya mati dan mengikuti cara memperbaiki stik PS2 seperti di atas maka seharusnya stik tsb sudah dapat berfungsi kembali. Sedikit tips dari saya, saat Anda membongkar rangkaian casing sebaiknya catat atau foto rangkaiannya sehingga tidak terjadi kesalahan saat menghubungkan kabel.

3. Cara  Memperbaiki Stik PS2 Sendiri
Bagi yang memiliki PS2, mungkin hal yang paling sering rusak adalah stik-nya. Jika setiap hari rusak, dan tiap sebentar harus bawa ke bengkel atau beli yang baru lagi kan perlu biaya. Apalagi yang memiliki usaha rental PS2 , rata-rata dua minggu stik sudah mengalami kerusakan.

Jadi untuk menekan biaya operasional, alangkah baiknya kalau kita bisa memperbaikinya sendiri .Sebenarnya kerusakan-kerusakan stik tersebut tidaklah parah atau boleh kita bilang kerusakan ringan, jadi kalau kita kreatif maka kita kita bisa memperbaiki sendiri tanpa perlu bawa ke tukang servis .


Peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki

  1. Multitester
  2. Solder
  3. Pengisap timah
  4. Obeng plus yang kecil
  5. Timah dan minyak solder


Sebelum kita memperbaikinya, maka kita perlu mengenali kerusakan stik tersebut terlebih dulu dan biasanya yang sering rusak adalah : Tombol sebagian tidak berfungsi , analog kiri atau kanan rusak ,dan kabel stik ada yang putus .

Tombol sebagian tidak berfungsi
Kalau ini kerusakanya , anda hanya tinggal mengganti karet PAD yang ada di bawah tombol tersebut .Tapi kalau anda masih ingin menggunakan karet PAD yang lama maka anda perlu menggosok karbon yang ada pada karet tersebut dengan Alkohol 70% pakai kain sampai tidak mengkilat lagi, karena karet yang sudah lama dipakai biasanya tampak licin dan mengkilat. Jadi kalau jenis kerusakannya ini mungkin semua bisa memperbaikinya, tanpa perlu dibawa ke tukang servis , karena peralatan yang di butuhkan cuma obeng plus kecil .

Analog kiri atau kanan rusak
Kalau analog kiri yang rusak , dapat diketahui waktu kita memainkan game , objek yang kita mainkan mau bergerak-gerak sendiri baik itu kekiri atau kekanan dan adakalanya tidak bisa kita garakan sama sekali . Untuk kerusakan analog kanan dapat kita ketahui yaitu waktu memainkan game area game berputar sendiri .
Jadi kalau kerusakan ini kita perlu menggunakan Solder dan Pengisap Timah untuk melepaskan timah pada kaki-kaki Anolog yang rusak tersebut , kemudian cabut Analog-nya , ganti dengan yang baru , dan solderkan kembali .

Tapi sebelum mengganti Analog , perlu di check terlebih dahulu Kabel Pita yang menuju ke PCB Analog pakai Multitester , kerana kalau Kabel ini ada yang putus atau lepas salah satunya , maka gejala rusak seperti yang saya sebutkan tadi juga bisa terjadi padahal kedua analognya masih bagus . Jadi pastikan bahwa Kabel Pita ini tidak ada yang putus atau lepas sebelum mengganti Analognya . Seandainya Kabel Pita ini ada yang putus atau lepas maka sambung atau pasang kembali dan tidak usah ganti Analog .

Kabel Stik ada yang putus
Kabel Stik ini terdiri dari delapan kabel kecil-kecil yang berwarna , jadi kalau salah satu kabel ada yang putus maka stik ini tidak bisa kita gunakan . Cara mengetahuinya , yaitu waktu main game tiba-tiba layar TV kita gelap dan ada indikasi tulisan " controler " atau sama dengan indikasi waktu kita main dengan stik yang bagus tiba-tiba stiknya kita cabut.

Jadi kalau ini kerusakanya , maka anda lepaskan kabel dari PCB pakai Solder dan sebelumnya catat terlebih urutan warna kabal yang menempel pada PCB . Setelah lepas ,anda potong kabel tersebut lebih kurang satu jengkal dari ujung yang dilepas tadi , kemudian check kabel tersebut pakai Multitester dan kalau tidak ada lagi yang putus maka kabel tersebut bisa anda pasang kembali sesuai dengan urutan warna yang anda catat sebelumnya . Tapi kalau masih ada yang putus , maka kabel tersebut anda buang dan ganti yang baru . Untuk mensolderkan kabel ke PCB ,kalau anda kesulitan memasukan kelobang-lobang kabel PCB ,maka anda bisa langsung mensolderkanya dari belakang tanpa melalui lobang yang penting urutan warna kabelnya jangan salah .

Demikanlah artikel kali ini saya buat. Semoga bermanfaat buat kalian semua.


4. Service Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)
stik tidak connect tetapi indikator menyala.
Pada kerusakan jenis ini, hampir sama dengan kerusakan matot, hanya saja disini terdapat perbedaan yaitu lampu indicator masi menyala.
Ada 2 kemungkinan penyebab kerusakan ini yaitu, yang pertama adalah “ kabel stik”, kemungkinan kedua adalah “pcb” nya, untuk kemungkinan kedua tidak berlaku untuk stik jenis TW.
Oke langsung aja berikut cara betulinnya.


  • Pertama-tama buka casing seperti biasa, kemudian

Service Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)


  • Cek kabel apakah dalam kondisi normal atau tidak, baca postingan sebelumnya disini untuk mengetahui kondisi kabel dan cara memperbaikinya.
  • Jika kerusakan bukan  terletak pada kabel, maka dapat dipastikan kerusakan terjadi pada PCB plastiknya. Solusi paling mudah adalah ganti pcb dengan yang baru. (Hehehe)PCB bnyak dijual di toko game, di ane juga ada kok.

Jika temen-temen ingin bereksperimen, PCBny masi bisa di betulin kok. Berikut caranya.

  • Langkah pertama lepas pcb dari soket dan casingnya, carany buka kedua pengunci seperti pada gambar dengan menggunakan pinset atau obeng kecil.

Service Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)


  • Kemudian coba bersihkan ujung terminal pcb dengan alcohol, biasanya ujung PCB lembab atau kotor. Jika sudah, coba pasang pada soket dan lakukan testing.

Service Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)


  • Jika masi saja belum berhasil, berarti jalur PCB ada yang putus, untuk stik yang tidak konek sama skali, biasanya jalur yang putus terletak pada GND atau jalur negatifny(-) pada PCB.
  • Coba balik PCB, lihat dan amati pasti akan terlihat ada jalur yang rusak. Jika seperti ini cara satu-satunya adalah di jumper.
  • Siapkan jarum, karbon cair, selotip, dan isi tembaga kabel serabut (cari yang paling kecil)
  • Lihat dan amati jalur mana yang putus, lalu buat lubang di terminal terdekat untuk tempat sehelai inti kabel serabut yang akan menggantikan jalur yang putus tadi.
  • Besar lubang jangan terlalu besar, usahakan press dengan inti kabel.
  • Jika sudah, beri selotip dibagian bawah PCB agar jumper aman, kemudian lapisi terminal yang berisi jumper, tunggu sampai kering kemudian cek dengan AVO meter jalur yang putus tadi.

Taraa… jalur sudah kembali normal, tinggal dipasang kembali, dan lakukan testing sekali lagi.










sumber:
netralizerenda.blogspot.co.id
www.hoo-tronik.com
tehnikmemperbaiki.blogspot.com
www.dedysoerya.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Spul Speaker

Cara Memperbaiki Stik PS2 Tidak Conect (indicator menyala)

Cara Mengatasi Dengung Pada Amplifier